Ngurus Visa Schengen (Belanda & Spanyol)

Selamat Tahun Baru 2013,

Mau sedikit cerita nih tentang ngurusin schengen lewat jalur Belanda dan Spanyol. Alkisah keluarga besar bos mau pergi liburan ke Eropah taun baruan, itinerarynya Amsterdam-Roma-Paris dan London, artinya harus ngurus schengen dan UK, cukup kah waktunya?
Ohh cencuuu deg2an banget ngurusnya soalnya mepet, meskipun jaraknya sebulan, akhirnya yang pertama diurus adalah visa UK, ada masukan kalo ngurus schengen Belanda cepet keluarnya kalo ada good visa (UK dan USA)..tadinya gue pikir visa UK bakal lama sampe 10 harian, pertama dalam sejarah mengurus visa, apply hari Jumat, hari Senin bisa diambil, oh thank God *cium2 tanah* FYI, terhitung mulai tanggal 12 November 2012, pengajuan aplikasi visa Inggris yang dilakukan di Jakarta akan diproses oleh UK Border Agency di Kedutaan Besar Inggris di Bangkok, untungnya rombongan masih sempet lodging aplikasi yang di Jakarta. Oh iya sedikit cerita tentang bawa asisten rumah tangga/PRT/babysitter untuk trip ke UK, disarankan ambil visa jenis worker visa. Kmaren saya sempet kekeuh jumekeh dengan turis visa ya toh? Kan sama aja sama majikannya kesana buat jalan-jalan juga, dan worker visa diperuntukan buat yang mau kerja punya majikan tinggal tetap di UK, itu menurut saya loh. Dari konsular nelfon dan minta diulang lagi aplikasinya harus pake worker visa, dan bayar baru lagi, watjefuk! Hokehh! So wasted banget sih dan diaplikasinya ditanya kita ngegaji dia berapa per hour? Di kasih waktu libur ga? Yang cocoknya sih form itu buat yang emang mau kerja disana. Singkat cerita saat rombongan dapet visa dengan kilat, mbak baby sitter akhirnya dapet visa H-1 sebelum keberangkatan deg-deg-ser yeeeee! Dan emang ditulisanya di visa baby sitter of xxxxxx (nama majikannya)
Nah waktu ngurus schengen Belanda seperti biasa kita harus liat ke website buat appointment online, untung banget di bulan November ga terlalu banyak yang apply, jadi begitu dapet UK langsung ke Belanda, buat yang udah ada visa UK dan US tidak diwajibkan untuk dateng ke embassy, tapi buat yang apply dibawah 18 taun, orang tuanya wajib datang, kmaren kebetulan si bos udah punya visa UK tapi karena anak2nya masih dibawah umur doi wajib dateng..Oiya Belanda sebenernya ga ribet asal kita tau persyaratannya, yang ribet itu bagian pas fotonya..Di tempat nunggu disediain counter foto, kalo2 kita salah bawa foto..kaya anak2nya bos ada yang keliatan gigi, pake bando, nah ama mereka di retouch..kepala ga boleh pake bando, mulut dimingkemin, malah si kecil pake kaos diganti pake kemeja batik, kreatippp bener deh si mas nya..Eh si mas yang edit foto malah ngomong gini ke gue “saya pernah nyetak foto yg anak ini di ambasador, ga tau sih ternyata buat bikin visa”. Ya elaah mas tau gitu skalian aja diedit..Trus ada proporsional muka juga, ga boleh kekecilan ga boleh kegedean, mertuanya si bos disuruh foto ulang soalnya di foto wajahnya keliatan lebar, doi ngomong “lah ini aslinya mukanya juga lebar emang gini, mo diapain lagi?”.
Jadi ternyata memang buat visa schengen belanda mudah dan cepat, kalo masuknya sebelum jam 11, sore jam 4 hari itu juga bisa diambil, tapi buat yang jam 1 siang baru masuk aplikasinya (biasanya karena ada kekurangan aplikasi), besok harinya bisa diambil.
Nah trus ada apakah dengan scheng Spanyol? Nantikan kelanjutannya di postingan berikutnya yaa…

About these ads

About diannisa

I've never done cruel things or badness. What I do is out for become one who good, a lot of helping people. I am non type one who take a fancy to hypocrisy, dislike, libel and the unrighteous things, as well as liking with too things brighten up. I like with food, its true. But that non something matter which need to lose face or blamed, rite? Just call me foodism. I wish recognized by a many people but really, I dont look for street quickly popularities, I wish they recognize because Im wat Im. Clearly, I love myself by xself, I like by His gift.. Satisfy. Well, it is true not yet enough ( there're no human being enough satisfy), but I out for esteem it. View all posts by diannisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: