Visa Azerbaijan

Baca dong judulnya di atas..visa what??? Azerbaijan, what the heck is that? Buat yang suka buka-buka peta atau bendera negara-negara yaaa familiar lah sama namanya. Untungnya gue termasuk orang yang familiar denger nama negaranya, tapi tetep bantuan mbah google nyari letak negaranya. Nyari kantor perwakilan negaranya di Jakarta, sekali lagi untung banget kantornya satu wilayah sama kantor gue. Persyaratannya juga gampang kok, seperti biasa paspor, form aplikasi, pas foto, booking tiket pesawat dan hotel sama invitation letter (ini di wajibkan), untuk pengurusannya tadinya gue mau pake messenger kantor aja, tapi sebelumnya gue cek dulu informasi ke kantor mereka ternyata harus melalui agent yang sudah ditunjuk yaitu Mulia Tour, mereka minta gue menghubungi Imran (kalo ada yang mau nomernya nanti gue share), nah mas Imran ini bener-bener teliti, sebelum diambil dokumen dia cek dulu kelengkapan sampe dia isiin tuh form kalo ada yang terlewat keisi. Biaya visa + jasa urus paspornya seorang USD 125. Apakah gue ada kendala dalam mengurus visa ini?OOhhhh seperti biasa, ga pernah lurus aja gitu nasib gue buat ngurus visa, padahal gampangkan. Kendalanya itu invitation letter dari pengundang, kebetulan grup yang gue urus ini harus menghadiri international conference, nah si lembaga ini tidak memberikan undangan, sampe gue google lagi (makasih ya mbah atas petunjuknya) nama lembaganya, websitenya, emailin sekjennya untuk minta undangan terkait visa, 1x24jam dari email yang gue kirim akhirnya dibales tapiiiii lama yeeee, pake ditanya dulu ini siapa aja yang berangkat? Posisinya apa? Udah gue bales detail lengkap, ngarep dong di reply sama invitation letter, eh balesannya dia cuman konfirmasi lagi email gue..maneeee undangannya sir????mane??? Butuh A.S.A.P iniiiihhh?? *ampe kepala berasap* gue telfon sekertaris kedutaan Azerbaijan, Miss Rosa, kali-kali aja gitu ada undangan dari mereka langsung di fax kesana, karena gue minta ke lembaga pengundang untuk directly juga ngefax ke kedutaan. Trus gue pereus-pereusin Mr. Omar, the one and only visa consular, buat bolehin proses visa tanpa invitation letter “But I must to say sorry miss, we really need your invitation letter” pake suaranya yang kok kaya orang India yeee accentnya. Baiklah sir, gue hanya menunggu undangan dari mereka. Besok pagi ada email masuk invitation letter dari si lembaga itu, yaowoooooo senengnyah. Yess, visa pun langsung dateng dengan proses 3 hari kerja saja.
Oh fyi yah, waktu gue booking tiket ke travel agent, gue bilang tujuannya ke Baku – nama ibu kotanya, dibilang gak ke daftar di sistem. Trus dia nanya itu dimana ya mba negaranya? Gue bilang Azerbaijan. Yakin gue dia ga tau itu dimana. Trus dibilang mereka gak jual tiket kesana. Masa sih? Itu travel agent gede loh, yang salesnya suka pake baju orange ada di mall-mall. Masa ga ada? Gue liat di internet kode bandaranya, gue telfon lagi ke agent, gue sebutin kode bandaranya baru deh ada -____-” . Yak cukup sekian rasanya cerita saya mengenai Azerbaijan. Kalo udah ada yang pernah kesana cerita-cerita ya negaranya kaya apa? 🙂

About diannisa

I've never done cruel things or badness. What I do is out for become one who good, a lot of helping people. I am non type one who take a fancy to hypocrisy, dislike, libel and the unrighteous things, as well as liking with too things brighten up. I like with food, its true. But that non something matter which need to lose face or blamed, rite? Just call me foodism. I wish recognized by a many people but really, I dont look for street quickly popularities, I wish they recognize because Im wat Im. Clearly, I love myself by xself, I like by His gift.. Satisfy. Well, it is true not yet enough ( there're no human being enough satisfy), but I out for esteem it. View all posts by diannisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: