Visa Korea (Selatan)

Ada yang pernah ke Korea Selatan? Ngurus visa sendiri? Ribet gak? Keliatannya gampang. Tapi kenapa ribet yeee giliran gue. Oke, sebenernya ini bagian dari temen gue yang ngerjain visa Korea, cuman karena si bos minta diupdate sama gue, yoweis, gue juga membantu sedikit (baca: sedikiiit sekali).
Pertama pasti acuan kita sama semua persyaratan yang diinfoin di website mereka dong. Nah jenis visanya kita bingung nih, karena di dalam rombongan sebagian ada yang cuman mau wisata sebagian lagi buat bisnis. Kalo make visa bisnis bisa lebih cepet daripada visa turis. Tapi harus dilampirin gak cuman invitation letter aja, mereka minta surat izin usaha. Iya mungkin takut abal-abal ya. Nah lama kan tuh dimintain ke pengundang. Coba deh kita pake visa turis aja. Dibawalah satu bundel dokumen ke visa section. Setelah dicek, dokumen harus dilengkapin sama NPWP perusahaan, bukti bayar pajak dan slip gaji masing-masing orang. Wow ribet cuiii!! Balik lagi tanpa hasil. Nah ga taunya ada email dari pengundang, mereka ngasih invitation dan surat izin usahanya aman! Jadilah semua orang dirubah lagi dengan jenis visa bisnis. Sebelum temen gue pergi kesana, gak mau disuruh bolak balik lagi, gue telfon lah ke konsular section diterima dengan DINGIN oleh MR. YOSEPH orang local kita. Gue nanya masalah bukti keuangan selain rekening koran 3 bulan terakhir apa aja yang harus dilengkapin lagi untuk visa bisnis? Di jawabnya “ada di website, liat aja disitu!” HEH!! Dengan siapa saya bicara??? Yoseph!! Gw gigit lo!! Rawwwr!!!
Besoknya temen gue bawa Mr. Jay (perwakilan pengundang orang Korea asli) ke konsular, Mr. Jay bilang kalo mereka orang (kok kaya bahasa Glodok?) penting banget urusan bisnis harus ke Seoul segera minggu depan, kurang lebih gitu kalo dicermati, dan kayanya kalo bawa orang Korea asli lebih gampang speak2nya ke konsularnya yang asli bermata segaris. Yak mereka tukeran kartu nama, huahahaha..semenjak saat itu mereka kemudian menjadi sahabat *hah!!cerita macam apa itu??* u wish!!
Gimana hasilnya? Proses tiga hari kerja aja. Tapi sampe sekarang paspor belom nyampe di tangan. Hahaha. Katanya sih hari senin siang udah bisa diambil. Mudah-mudahan aman, soalnya berangkatnya senin malam. GUBRAK!! Doakan ya *crosiingfingers*
Ohiya, yang ngeselin nih, kayanya si ambassadornya ngasih tau ke si bos kalo proses visa bisa sehari. Ade apeee??? Niat banget nih kayanya buat dimaki. Iya kalo jalur kenalan sama dia mungkin bisa sehari. Ini kan pake jalur lewat Yoseph dkk. Pliss deh pak ambassador, mau di gigit juga nih kayanya. Rawwwrrrr!!!

About diannisa

I've never done cruel things or badness. What I do is out for become one who good, a lot of helping people. I am non type one who take a fancy to hypocrisy, dislike, libel and the unrighteous things, as well as liking with too things brighten up. I like with food, its true. But that non something matter which need to lose face or blamed, rite? Just call me foodism. I wish recognized by a many people but really, I dont look for street quickly popularities, I wish they recognize because Im wat Im. Clearly, I love myself by xself, I like by His gift.. Satisfy. Well, it is true not yet enough ( there're no human being enough satisfy), but I out for esteem it. View all posts by diannisa

3 responses to “Visa Korea (Selatan)

  • budi setiyanto

    mau ngurus visa kerja sendiri bisa ngak,caranya gimana…………

    • budi setiyanto

      saya dulu pernah ke korea tahun 2005 sampai 2011 bulan 11 tgl 23 saya pulang,rencana saya ingin kembali kekorea,gimana caranya ngurus visa kerja kekorea,…..

      • diannisa

        Waduh kebetulan selama ini saya selalu mengurus untuk visa bisnis dan turis aja, kalo untuk visa kerja belom pernah, tapi kalo dari keterangan websitenya kedutaan dikasih masa waktu tinggal hanya 6 bulan aja, kecuali jika anda disana sudah dijamin pekerjaan oleh perusahaan dapat meminta perpanjangan visa dan bisa mengurus langsung disana

Leave a Reply

